» » Contoh Makalah Seni Budaya


Pengertian Seni – Kata Kata “seni” adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kata seni berasal dari kata “sani” yang artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Dalam bahasa Inggris dengan istilah “ART” (artivisial) yang artinya adalah barang/atau karya dari sebuah kegiatan.
Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang dinamis.
Pesan Sponsor
Beberapa pendapat tentang pengertian seni:
a. Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena kendahan bentuknya, orang senang melihat dan mendengar
b. Aristoteles : seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu,
c. Ki Hajar Dewantara : seni adalah indah, menurutnya seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya,
d. Akhdiat K. Mihardja : seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.
e. Erich Kahler : seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “dunia besar”.
Untuk mempelajari dan memahami tentang budaya, silakan Anda pelajari pengertian budaya. Ada beberapa ciri-ciri khas yang menggambarkan kebudayaan, diantaranya: Rumah adat, alat musik, seni tari, kriya ragam hias, properti kesenian, pakaian daerah benda seni serta adat istiadat.
Setelah Anda memahami semua defini seni dan budaya, maka Anda dapat dengan mudah menyusun sebuah makalah seni budaya. Dan untuk lebih mempermudah Anda, berikut ini duniabaca.com berbagi untuk Anda semua Contoh makalah seni dan budaya dan Anda pun dapat men-download contoh makalah seni dan kebudayaansecara gratis.
CONTOH MAKALAH SENI BUDAYA
BAB I, PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari Musik merupakan salah satu penghibur dan mudah dipelajari. Dalam pembuatan makalah akan dibahas tentang Musik di antaranya meliputi: Musik Karya Mozart, Unsur-unsur tekhnik Vokal, cara bermain Gitar, Dan Tekhnik bermain Keyboard/piano.
Musik-musik karya Wolfgang Amadeus Mozart merupakan karya seni musik yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia, Karya-karya pertamanya menggunkan ala musik gesek biola dan Cello.
Dalam bermain Musik tentu akan lebih bagus jika dipadukan dengan tekhnik Vokal yang baik. Teknik vokal mempunyai unsur-unsur seperti : Artikulasi, Pernafasan, Phrasering, Sikap badan, Resonansi, Vibrato, Improvisasi, Intonasi, yang akan dibahas pada Bab Berikutnya, Salah satu alat musik yang paling akrab dimainkan yaitu Gitar, dalam bermain gitar ada beberapa langkah diantaranya Belajar mengingat Kunci-kuncinya, Berlatih running Cord, dll.
Piano juga merupakan alat musik yang paling enak didengar suaranya, dan untuk dapat memainkannya buth waktu untuk belajar bagaimana menggunakan kunci-kunci pada tiap-tiap tombol. Meliputi Fingering, touching, rithm, Tempo, Harmony, Reading. Yang akan kami bahas
pada Bab Berikutnya.
BAB II, MUSIK KARYA MOZART
Untuk Bab II sampai Bab Penutup, silakan Anda download saja, contoh makalah seni budaya lengkap, karena mengingat banyaknya halaman, jadi duniabaca.com tidak langsung membagikannya secara lengkap atau tertulis semua disini.
Download Contoh Makalah : Seni Musik dan Budaya

About Putra Segal

Nama GUA Tato
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply